Menteri Hukum & HAM RI , Antusias Menyambut Kehadiran LABB

oleh -250 views

SIRAJABATAK – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc, Ph.D, antusias dengan adanya Lokus Adat Budaya Batak (LABB).
Dimana setelah dideklarasikan pada 05 Desember Tahun 2018 lalu . Dewan Mangaraja Lokus Adat Budaya Batak (DM LABB) dan DPP Lokus Adat Budaya Batak (DPP LABB) , mengadakan silahturahmi kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D, (Selasa 26/11/19) di Gedung Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Jalan HR Rasuna Said Kuningan Jakarta Selatan.


Rombongan LABB dipimpin oleh Ketua Umum Dewan Mangaraja – DM LABB, Brigjen TNI (Purn) Berlin Hutajulu . Juga hadir Sekretaris Jenderal DM LABB Marsma TNI (Purn) Darlis Pangaribuan, MSc. dan Ketua Umum DPP LABB Budi Sinambela serta Sekretaris Jenderal DPP LABB Ir. Santiamer Silalahi Sihaloho. Turut hadir Ir. Monang Sirumapea Ketua 7 LABB Bidang Pariwisata dan Ketua 9 LABB Bidang Sosial Hukum dan Pemerintahan, St. Raja Muda Sidabutar SH.


Selain silaturahmi , Pengurus LABB juga menyampaikan sosialisasi di hadapan menteri tentang apa itu LABB dan visi misinya kedepan . Pada pertemuan itu disampaikan kepada menteri , tentang rencana LABB akan menggelar Horja Bolon di Tahun 2020 Yang akan datang . Dimana untuk suksesnya acara Horja Bolon tahun 2020 , akan digelar Pra Horja Bolon dan rapat tahunan LABB pada hari Kamis, 5 Desember 2019 di Kampus Universitas Mpu Tantular . Perhelatan Pra Horja bolon ini digelar bertepatan satu tahun berdirinya LABB ( 5 Desember 2018 yang lalu ) .
Dalam pertemuaan silaturahmi , juga hadir Ketua Panitia , Marsda TNI (Purn) Johni Fritz Pandapotan Sitompul, bersama tim tabloid Suara Batak Jasudin Panjaitan, Asdon Hutajulu , Hojot Marluga.
Menteri Laoly antusias menyambut baik kehadiran LABB. “Saya kira perjuangan kita sekarang bagaimana membangun kesatuan di antara kita etnis Batak. Kesatuan itu yang sulit kita bangun, maka LABB jangan berhenti untuk memberi, membangun persatuan. LABB tak boleh berhenti untuk membangun persatuan,” ujarnya. Karena itu, Laoly mengharapkan LABB terus berbuat baik , untuk kesatuan di etnis batak .
Pada pertemuan itu , Ketua Umum Dewan Mangaraja LABB , Berlin Hutajulu , memberikan buku Gurat gurat Bolon Ni Parao LABB. Buku ini berisikan garis garis besar haluan LABB . Buku tersebut diserahkan kepada Menteri Hukum & HAM .
Berlin Hutajulu menyampaikan, bahwa LABB didirikan , juga untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita membangun sinergi ketua ketua marga. Dijelaskan juga , bahwa LABB juga merupakan mitra pemerintah dan non pemerintah. Diharapkan kedepan , LABB akan mendorong diterapkannya Hukum adat Batak untuk menyelesaikan berbagai perkara yang bisa diselesaikan dengan hukum adat . “Kami melihat ke depan banyak yang bisa dilakukan LABB, termasuk jika hukum adat diterapkan, akan bisa menyelesaikan banyak hal di daerah,” ujar jenderal bintang satu ini.
Dan LABB juga telah mempersiapkan buku ruhut ruhut adat batak toba , yang akan dibagikan pada acara Pra Horja Bolon 5 Desember 2019 yang akan datang .Harapan kedepan , semoga ruhut ruhut adat ini dapat diterapkan di acara acara adat batak di Jabodetabek . Memang butuh waktu dan kesepahaman para ketua ketua punguan marga .
Adapun acara Pra Horja bolon , Kamis 5 Desember 2019 , akan dimulai dari pukul 08.30 – 17.00 WIB di Aula Universitas Mpu Tantular , Jln Cipinang Besar no 2 ( Kampus A ) Jakarta Timur .
Untuk acara tersebut sangat diharapkan kehadiran ketua ketua marga ataupun pengurus yang diutus perkumpulan marga.
Demi lancarnya acara Pra Horja Bolon dan kenyamanan bersama , kehadiran mohon dikonfirmasi kepada sekretariat 081218885928 ( Amir Sihaloho).


Semoga sukses . Horas bangso batak

(nikolas s naibaho )

Facebook Comments